Senin, 02 Januari 2017

Kamus Kecantikan A-Z

Air Putih
T: Apakah air putih baik bagi kecantikan?
J: Iya banget! Mengkonsumsi banyak air putih membuat tubuh dan kulitmu tidak menderita dehidrasi. Air meningkatkan peredaran darah ke kulit sekaligus menghindarkan munculnya jerawat dan keriput dini.

Bedak
Mau tahu step by step cara pakai bedak yang oke? Baca terus..
·         Gunakan bedak bubuk setelah kamu selesai memakai foundation serta concealer, dan sebelum memakai riasan mata.
·         Celupkan kuas besar ke dalam bedak bubuk, lalu jentikkan sehingga sisa bedak tidak ikut terbawa. Usapkan bedak ke wajah secara merata.

Cuci Muka
Cuci muka seharusnya dilakukan secara rutin dua kali sehari (baca: pagi dan malam) karena pada saat itu, kulit wajahmu menderita kelebihan minyak. Pilih membersih wajah yang cocok untuk kulitmu: facial shop bar yang mengusir kotoran tanpa iritasi atau facial wash yang membersihkan dan menyegarkan.

Dynamic duo
Apa ada alat makeup yang harus selalu ada dalam tasmu?
Mascara bening dan lip gloss warna pink muda. Mascara tidak hanya dipakai untuk bulu mata, tapi juga bisa menyisir alismu. Sementara itu, setelah mengoleskan lip gloss pada bibir, usapkan pula sedikit di bagian pipi dan baurkan untuk kesan blush on.

Eye bags
Untuk menghindari kantong mata, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan:
1.      Setiap kali membersihkan makeup pada mata, lakukan dengan hati-hati terutama di area kelopak mata. Selalu gunakan pembersih khusus mata.
2.      Beri perhatian ekstra saat kamu akan menggunakan atau melepas lensa kontak dan menarik garis di tepi bulu mata atas dan bawah.

Foundation
Begini cara memilih foundation:
1.      Cari tahu jenis kulitmu, kemudian pilih formula yang tepat.
2.      Pilih nuansa foundation yang paling mendekati warna kulit aslimu. Ssst, warna dasar kuning terlihat netral pada hamper semua tone kulit.
3.      Perhatikan baik-baik warna foundation pilihanmu. Warna foundation yang tepat akan menyatu dengan kulitmu sehingga tidak terlihat.

Garis Bibir
T: Kenapa pakai lip liner?
J: Lip liner berguna untuk menipiskan bibir menjadi lebih kecil dengan menarik garis di dalam garis alami bibir. Produk ini juga membuat lipstik tahan lama.

Hati-hati!
Produk kecantikan yang tidak cocok untuk kulit dan wajahmu bisa menyebabkan kondisi kering, gatal-gatal, sampai iritasi! Segera hentikan pemakaian dan hubungi dokter kulit andalanmu.

Info Penting!
Manjakan kulitmu dengan rutin memberikannya quality time. Lakukan perawatan from head to toe: creambath, masker, scrub, hingga lulur.

Jangan Lupa…
Sebelum membeli produk kecantikan apapun, coba dulu pada dirimu. Bila warnanya cocok di kulit dan tidak ada reaksi merah, produk itu tepat untukmu!

Kuas
Ada berbagai jenis kuas untuk merias wajah:
·         Powder brush
Kuas besar dengan bulu tebal untuk meratakan bedak dan menutupi noda.
·         Blush brush
Kuas berbentuk kubah yang cocok untuk memulas blush-on pada pipimu.

Lulur
Lulur atau biasa disebut body scrub punya manfaat yang sama seperti facial scrub, yaitu mengangkat sel kulit mati dari tubuhmu.

Masa Kadaluarsa
Periksa kembali produk milikmu, jangan-jangan sudah waktunya dibuang!
·         Sampo, conditioner, shower gel: kurang lebih 3 tahun.
·         Sabun mandi: sampai 3 tahun.
·         Parfum dan foundation: kurang lebih 3 tahun.
·         Maskara dan eyeliner cair: 3-4 bulan.
·         Lipstik dan lip gloss: 2-3 tahun.

Noda Wajah
Solusinya? Pakai concealer, dong! Berikut warna concealer yang harus dimiliki:
1.      Lebih terang dari kulit untuk menonjolkan bagian wajah yang diinginkan.
2.      Lebih gelap dari kulit untuk menutupi noda atau area tertentu.
3.      Tone dasar kuning untuk melawan noda.

Obat Jerawat
Cara bikinnya:
1.      Campurkan madu dengan parutan apel sehingga membentuk adonan.
2.      Oleskan pada wajah dan tinggalkan hingga kering sebelum membilasnya.
3.      Lakukan 2-3 kali seminggu, tergantung dari jenis kulitmu.

Pelembab
Bagaimana cara memilih pelembab yang baik untuk kulit?
·         Sesuaikan dengan jenis kulitmu. Baca label di balik kemasan.
·         Pilih yang berjenis non-comedogenic. Maksudnya, produk itu tidak mengandung bahan yang akan menyumbat atau menghambat pori-pori.
·         Lebih baik jika pelembabmu mengandung UV protection.

Quick Fix
Lakukan touch up riasan selama sehari penuh dengan menggunakan compact powder. Caranya, tekan spons pada bedak, lalu usapkan pada bagian wajahmu yang mengilap atau area dengan make up yang memudar. So easy!

Rahasia Riasan
Primer sangat berjasa untuk menyiapkan kulitmu sebelum didandani. Primer menciptakan perlindungan bagi kulit serta memudahkan make up membaur.

Shading
Perhatikan bagian wajah yang mengalihkan perhatian orang dari kelebihanmu, misal hidung besar. Pilih warna riasan lebih tua dari warna kulitmu. Setelah mengoleskan foundation, gunakan kuas untuk menyapukan warna lebih tua tadi kepada bagian wajah yang ingin ditutupi. Ambil warna riasan lebih muda untuk menonjolkan bagian tengah hidung. Baurkan make up dengan spons.

Tolong!
Berikan pertolongan pada kulitmu dengan selalu menghapus make up. Jika peduli sama kulitmu, jangan biarkan kotoran sisa make up menempel terlalu lama pada pori-pori wajah.

UV Rays
Sinar matahari bisa menyebabkan kanker kulit! Pakai topi yang melindungi kepala, telinga, leher, dan hidungmu. Lalu, oleskan sunblock lotion dengan SPF lebih dari 15 pada seluruh bagian tubuhmu.

Vanity
Artinya: excessive pride in one’s appearance, qualities, abilities, etc. Setelah membaca seluruh artikel ini (dan mempraktekkannya), kamu boleh banget merasa super bangga akan penampilan dan pencapaianmu!

Warna
Beberapa nuansa make up memang lebih cocok untuk warna kulit tertentu:
·         Kuning kecoklatan untuk warna kulit hangat, seperti sawo matang atau kuning langsat.
·         Ungu kebiruan untuk warna kulit dingin, seperti putih atau kulit pucat.

Yes to healthy living
Percaya atau tidak, gaya hidup tidak hanya menentukan kesehatan, tapi juga kecantikan! Mulai sekarang, kamu wajib mengkonsumsi menu 4 sehat 5 sempurna. Olahraga teratur dan banyak minum air putih.

Zzzz….

Pernah dengar istilah beauty sleep? Istilah ini ada bukan tanpa alasan, kamu perlu istirahat yang cukup agar penampilanmu selalu fresh.

Sumber artikel: Majalah Cosmogirl, September 2010
Sumber gambar: simomot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes